Bagaimana saya memulai?

Mulailah dengan meng-klik Menu Rental Jangka Panjang yang terletak di bawah. Halaman berikutnya memiliki informasi lebih lanjut untuk Anda seperti pilihan model mobil, lama sewa dan juga informasi menarik lainnya seperti perbandingan biaya antara memiliki mobil dan menyewa mobil.

Apa yang harus saya cari terlebih dahulu untuk menyewa mobil?

Merupakan hal yang penting untuk mengetahui tujuan Anda menyewa mobil. Apakah untuk keperluan perusahaan atau keperluan pribadi Anda? Jika untuk tujuan bisnis, maka mungkin yang Anda membutuhkan sedan kelas menengah yang mampu mengantarkan klien dari dan ke tempat tujuan.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengenai anggaran Anda. Menyewa mobil jangka panjang memiliki tanggungan yang lebih besar daripada rental jangka pendek, sehingga Anda mungkin dapat memikirkan lagi seberapa banyak Anda bersedia untuk membayar per bulan.

Mengapa harga bervariasi begitu banyak?

Salah satu alasan mengapa harga kami bervariasi adalah karena perbedaan yang luas antara premi asuransi, perbedaan usia mobil dan jarak tempuh mobil. Sebagai contoh: Toyota Altis tahun 2006 akan lebih murah untuk disewa per bulan daripada menyewa sebuah Toyota Altis tahun 2012.

Bagaimana saya memilih perusahaan penyewaan?

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih perusahaan penyewaan adalah pada reliabilitas perusahaan tersebut. Karena Anda akan menyewa mobil untuk jangka waktu yang panjang, cakupan layanan akan menjadi sangat penting jika Anda tidak terbiasa dengan administrasi dalam menangani mobil. Dengan memilih perusahaan mobil yang lebih bereputasi, Anda dapat yakin akan kualitas pelayanan yang diberikan sepanjang waktu jika Anda mengalami masalah.

Hal lain yang patut dipertimbangkan dalam menyewa mobil jangka panjang adalah biaya per bulannya, karena selisih biaya sekecil apapun akan terakumulasikan. Oleh sebab itu Anda harus cermat dalam memilih perusahan yang dapat memberikan Anda harga terbaik.

Drive.ID memberikan yang terbaik dari dua sisi dengan memungkinkan Anda untuk memilih antara biaya terbaik dan kualitas pelayanan yang terbaik, atau penggabungan dari kombinasi di atas.

Ada begitu banyak perusahaan penyewaan, siapa yang saya pilih?

Drive.ID memiliki ulasan pelanggan untuk sewa jangka panjang sebagai bahan pertimbangan Anda, sehingga Anda dapat yakin bahwa perusahaan yang telah Anda pilih dapat diandalkan. Anda harus memilih perusahaan yang dapat melayani kebutuhan Anda secara spesifik, dan Drive.ID akan merekomendasikan perusahaan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis mobil apa yang harus saya dapatkan?

Jenis mobil yang harus Anda dapatkan adalah, yang pertama, harus cocok dengan tujuan Anda dan anggaran yang Anda miliki. Setelah kami dapat memastikan tujuan Anda dan anggarannya, kami akan merekomendasikan mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Layanan apa saja yang biasanya disertakan bersama mobil sewaan?

Silahkan hubungi perusahaan partner kami dan cari tahu tentang klausa terminasi. Secara umum, denda akan dikenakan pada Anda untuk pemutusan kontrak sebelum waktunya. Hal ini mirip dengan apa yang terjadi ketika Anda mengakhiri kontrak kerja Anda dan diharuskan membayar biaya pemutusan kontrak.

Dalam kebanyakan kasus, perusahaan penyewaan akan mengambil uang jaminan yang telah Anda berikan kepada mereka. Beberapa mungkin mengharuskan Anda untuk membayar penuh atau sebagian nilai dari saldo kontrak. Merupakan lebih umum bahwa Anda membayar penuh saldo kontrak. Oleh karena itu, menemukan penyewa pengganti mungkin akan lebih ekonomis.

Dalam beberapa kasus, syarat persewaan Anda mungkin meliputi klausa diplomatik (lihat FAQ) dan Anda mungkin dapat dibebaskan dari kewajiban kontrak Anda lebih awal

Berapakah umur mobil yang ideal?

Umur yang ideal untuk sebuah mobil adalah mobil baru. Namun, karena fluktuasi permintaan sepanjang tahun, mobil baru jarang tersedia terus-menerus sepanjang waktu. Selain itu, mobil yang lebih baru umumnya memiliki harga sewa yang lebih tinggi baik untuk sewa jangka panjang ataupun pendek.

Bagaimana cara saya memeriksa mobil?

Pastikan bahwa mobil tidak memiliki goresan yang terlihat jelas ketika Anda menerima mobil. Pastikan bahwa atap, kap mesin, bagasi, cat, jendela tidak dalam kerusakan apapun. Terakhir, periksa apakah mobil ini sama seperti yang Anda sewa berdasarkan usia dan jarak tempuh mobil.

Mengapa membayar lebih untuk sebuah perusahaan yang mapan?

Sebuah perusahaan yang sudah mapan akan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dan mungkin memiliki layanan tambahan yang hanya dapat disediakan oleh perusahaan tersebut. Misalnya, Rental Mobil ABC akan datang sendiri untuk mengambil pembayaran dari Anda setiap bulannya jika Anda tidak punya waktu untuk datang ke kantor untuk membayar angsuran bulanan Anda.

Apa sajakah yang ditawarkan oleh perusahaan penyewaan yang lebih kecil?

Mereka menawarkan penanganan yang lebih personal dengan tarif yang lebih murah, yang mana dapat melayani beberapa pelanggan yang mempunyai preferensi tersebut.

Apa sajakah opsi untuk pembayaran saya?

Anda dapat membayar bulanan melalui transfer bank, uang tunai, atau kartu kredit.

Bagaimanakah cara saya mengakhiri penyewaan saya?

Klausa terminasi akan didasarkan pada Syarat & Ketentuan milik partner kami. Umumnya, uang jaminan akan diambil atau jumlah yang maksimum yang akan menjadi nilai dalam periode yang tersisa. Terdapat klausa diplomatik yang dapat Anda pilih untuk pengembalian mobil setelah jangka waktu tertentu dari penyewaan.

Ban mobil sewaan saya terkena tusukan, apa yang harus saya lakukan?

Kami menyediakan semua layanan pemeliharaan untuk segala situasi kerusakan. Namun, sebagaimana yang tersedia di dalam semua mobil kami, ban serep dan peralatan lainnya tersedia di dalam bagasi. Jika saat itu tidak dalam kurun waktu yang terbaik, Anda mungkin ingin mengganti bannya sendiri, atau menunggu teknisi kami tiba untuk menangani masalah. Tusukan ban dianggap kecelakaan kecil dan sebagian besar perusahaan mobil tidak akan memperbaikinya. Anda dapat menghubungi perusahaan rental mobil untuk mendapatkan bantuan tetapi mereka mungkin dapat mengenakan sedikit biaya atau kunjungi pom bensin untuk mendapatkan bantuan.

Saya mengalami kecelakaan di dalam mobil sewaan, apa yang harus saya lakukan?

Pertama, jangan panik. Selanjutnya, hubungi salah satu operator 24-jam kami untuk mendapatkan saran dan tindakan yang harus diambil selanjutnya. Jangan mengakui kesalahan atau bertukar keterangan. Hubungi perusahaan penyewaan Anda segera untuk mendapatkan saran. Jika terdapat luka apapun, hubungi ambulans. Jangan memindahkan mobil atau mengaku bersalah.

Saya telah sedikit merusak mobil sewaan, apa yang harus saya lakukan?

Laporkan kerusakan dan tingkat kerusakannya ketika Anda mengembalikan mobil dan kami akan menindaklanjuti dengan serangkaian tindakan dari situ. Harap maklumi bahwa sebagian dari uang jaminan Anda akan diambil untuk pemeliharaan mobil. Anda mungkin harus membayar untuk 'hilangnya penggunaan masa depan mobil' dikarenakan perusahaan tidak dapat lagi menyewakan atau menjual mobil yang telah Anda sewa.

Saya akan menandatangani kontrak sewa, apakah yang harus saya perhatikan?

Ketika menandatangani kontrak, selalu memastikan bahwa nomor model, nomor lisensi Ketika menandatangani kontrak sewa, selalu pastikan bahwa nomor model, nomor lisensi dan konfigurasi adalah sebagaimana mobil yang Anda minta. Juga periksa apakah ada cacat atau kerusakan yang dapat ditemukan di dalam dan di sekitar mobil. Pastikan bahwa proses serah-terima dilakukan dengan benar dan berkendaralah!

Apakah jargon-jargon penyewaan mobil berikut ini dan apakah artinya?

Rental Mobil - Tindakan meminjam mobil dari sebuah perusahaan untuk suatu periode.

Penyewaan Mobil (leasing) - Tindakan meminjam mobil dari sebuah perusahaan untuk periode yang panjang (biasanya 6 bulan atau lebih)

2+1 - Digunakan untuk mengukur pembayaran dimuka dan uang jaminan yang diperlukan untuk menyewa mobil. Angka yang pertama menunjukkan pembayaran dimuka dan angka yang kedua menunjukkan uang jaminan yang diperlukan. Angka-angka tersebut biasanya dimaksudkan dalam hitungan bulan.

1+1 - Sama seperti di atas.

Uang Deposit - Jumlah uang yang dipegang sebagai jaminan ketika Anda menyewa atau merental mobil. Uang tersebut dikembalikan pada saat pengembalian mobil.

Masuk ke Malaysia - Tindakan memasuki negara Malaysia menggunakan mobil rental/sewaan.

Insurance Excess (Asuransi Berlebih) - Jumlah minimum uang yang diperlukan untuk pembayaran sebelum pencakupanan oleh asuransi. Misalnya, jika Anda memiliki biaya insurance excess sebesar Rp 20.000.000, perusahaan asuransi hanya akan menutupi semua biaya di atas Rp 20.000.000. Klien membayar awal Rp 20.000.000 atau kurang.

Collision Damage Waiver (Pengecualian Kerusakan Tabrakan) - Suatu jenis pengecualian yang mengurangi Insurance Excess.

Saya akan melakukan perjalanan ke Malaysia dengan mobil sewaan saya, apakah yang harus saya perhatikan?

Sebelum Anda melakukan perjalanan ke Malaysia, Anda harus memastikan bahwa ada jaminan asuransi dari perusahaan penyewaan Anda dan asuransi ad hoc. Hubungi perusahaan rental Anda untuk memastikan bahwa asuransi tersebut sudah disediakan. Dikarenakan Anda belum terbiasa dengan jalanan di Malaysia, harap parkirkan mobil di daerah yang cukup terang dan tidak tersesat ke lorong-lorong gelap. Atau, Anda juga bisa menginformasikan kepada kami tentang perjalanan Anda sehingga kami dapat siap untuk membantu bila diperlukan.

Saya akan melakukan perjalanan ke Thailand (atau lebih jauh) dengan mobil sewaan saya, apakah yang harus saya perhatikan?

Di bawah skema penyewaan mobil kami, cakupan asuransi kami hanya mencakup mobil hingga ke Malaysia Barat. Anda sangat disarankan untuk tidak menggunakan mobil sewaan untuk dikemudikan hingga Thailand. Periksa kebijakan perusahaan penyewaan Anda dalam skema ini.

Mobil yang saya sewa rusak, siapakah yang harus saya hubungi?

Hubungi perusahaan penyewaan mobil yang bersangkutan di website mereka untuk mendapatkan bantuan langsung. Jika semua cara tidak berhasil, Anda dapat menghubungi layanan operator 24-jam kami di (+62) 81 13300021 pada jam kerja atau +628113300021 setelah jam kantor untuk mendapatkan bantuan.

Mobil yang disewakan membuat suara-suara lucu atau bertindak aneh, siapakah yang dapat saya hubungi?

For your own safety, please stop driving the car and park it in a safe place. Immediately call the leasing company up for assistance. If they do not pick up, call our 24 hour-service operators at (+62) 81 13300021 during for assistance.

Apakah saya diperbolehkan untuk 'memodifikasi/meningkatkan' mobil saya?

Kebanyakan perusahaan penyewaan mobil tidak akan memperbolehkan Anda untuk meningkatkan atau memodifikasi mobil sewaan, tetapi jika bagian-bagian yang dimodifikasi dapat dilepas, beberapa perusahaan penyewaan mungkin memperbolehkan Anda untuk memodifikasi mobil Anda. Harap tanyakan ke perusahaan penyewaan Anda sebelum memodifikasi mobil Anda.

Saya menantikan tiket pelanggaran lalu lintas / denda parkir, kapankah saya akan menerimanya?

Tergantung pada pelanggarannya, Anda akan menerimanya dalam waktu 2 minggu melalui surat, atau 1 minggu jika Anda memeriksa catatan secara online. Tidak perlu khawatir, tenggang waktu pembayaran dimulai dari tanggal setelah Anda menerima surat fisiknya. Jika Anda menerima denda di Malaysia, tunggu denda tersebut sekitar 2 bulan kemudian.

Anak-anak saya / orang lain sedang mengemudi mobil sewaan dan mengalami kecelakaan / didenda / melanggar aturan lalu lintas, siapa yang bertanggung jawab?

Orang yang sedang mengemudikan mobil pada saat itu akan bertanggung jawab atas pelanggaran aturan lalu lintas. Namun Anda mungkin menerima denda tambahan dari perusahaan partner kami jika nama sang pengemudi tidak sama dengan yang tercantum di dalam kontrak.

Apakah saya harus membayar pajak jalan / asuransi mobil / pajak radio / pemeliharaan?

Tidak. Biaya sewa mobil telah memperhitungkan semua pajak tahunan yang diperlukan untuk kenyamanan Anda. Namun, mungkin menjadi pilihan opsional untuk sewa hybrid.

Sudah saatnya melakukan pemeliharaan yang dijadwalkan untuk mobil saya, apa yang harus saya lakukan?

Perusahaan penyewaan akan memeriksa ketersediaan mobil sewaan Anda sebelum melakukan pemeliharaan yang telah dijadwalkan. Sebuah mobil pengganti akan disediakan selama masa pemeliharaan.

Saya akan bepergian selama beberapa bulan, dimanakah saya harus memarkir mobil saya ATAU apa yang dapat saya lakukan dengan mobil tersebut?

Anda dapat memilih untuk mengembalikan mobil ke perusahaan penyewaan mobil untuk diparkir atau mengizinkan mereka untuk menyewakan kembali mobil tersebut dan Anda akan menerima potongan harga pada harga sewa Anda.

Saya hanya butuh mobil sewaan selama beberapa hari / minggu / bulan / sesekali. Bisakah saya mendapatkan tarif yang lebih bagus?

Sayangnya, kami hanya dapat memberikan tarif spesial pada mobil yang disewakan untuk jangka waktu tertentu. Jika Anda ingin menggunakan mobil tertentu untuk jangka waktu yang singkat, Anda dapat mempertimbangkan rental jangka pendek sebagai gantinya. Hal tersebut sama nyamanny, atau bahkan lebih nyaman.

Saya lebih suka menyewa mobil dengan kemudi di sebelah kiri, apakah hal tersebut bisa diaturkan?

Mobil tersebut sangat langka, dan hanya terbatas pada kedutaan internasional. Sayangnya, mereka tidak tersedia untuk publik.

Saya membutuhkan sebuah mobil yang lebih besar untuk periode waktu yang singkat (di akhir pekan, hari libur, pernikahan, dan lain-lain), apa yang dapat saya lakukan?

Jika Anda memerlukan mobil yang lebih besar, beberapa perusahaan memperbolehkan Anda untuk menukarkan mobil Anda untuk suatu periode. Silahkan menghubungi perusahaan penyewaan Anda, dan Anda dapat menukarkan mobil Anda dengan kendaraan yang lebih besar dengan sedikit biaya.

Apakah saya membayar lebih mahal untuk sebuah mobil sewa jika saya seorang expatriat?

Tidak, selama Anda memiliki pengalaman mobil yang diperlukan dan usia yang sah, tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk ekspatriat.

Dapatkah saya memilih warna/spesifikasi dari mobil yang disewa?

Ya, tergantung pada ketersediaan mobil dan lama sewa Anda, Anda dapat memilih warna dan spesifikasi khusus. Dikarenakan tidak praktis bagi partner kami untuk menyimpan mobil tertentu sebagai persediaan, kecil kemungkinannya bahwa warna atau mobil tertentu tersedia sepanjang waktu.

Bagaimana saya tahu jika saya mendapatkan deal terbaik?

Anda bisa merujuk ke kalkulator online kami untuk memeriksa perbedaan harga antara memiliki mobil dan penyewaan mobil.

Mengapa harga/penyewaan mobil jauh lebih tinggi daripada di Australia, Inggris dan Amerika Serikat?

Indonesia mengenakan banyak jenis pajak untuk mobil. Daftar pajak tersebut ada dibawah ini.

Biaya Pendaftaran - biaya administrasi Dasar $ 140

Barang & Pajak (7% GST pada Cukai + OMV) - Suatu bentuk pajak konsumsi yang dipaksakan berdasarkan nilai barang.

Cukai Duty (20% dari OMV) - bentuk lain dari pajak yang dikenakan. Seperti ARF, yang Cukai juga dihitung berdasarkan% dari OMV kendaraan

Nilai Pasar Terbuka (OMV) - Dinilai oleh Bea Cukai Indonesia, OMV memperhitungkan harga pembelian, pengiriman, asuransi dan semua biaya lain yang terkait dengan penjualan dan pengiriman mobil dari negara produsen ke Indonesia. The OMV bukanlah harga jual dari produsen ke dealer lokal resmi.

Sertifikat Hak (SBH) - Terdiri dari lima kategori: Cat A (Mobil 1600cc bawah & Taxi), B (Mobil diatas 1600cc), C (Barang Kendaraan & Bus), D (Sepeda Motor), dan E (Open).

Biaya Pendaftaran Tambahan (ARF) - 100% dari OMV berdasarkan putusan sebelumnya. Pada tender COE berikutnya Maret 2013, struktur ARF baru berjenjang akan berlaku. Mobil dengan OMV hingga $ 20.000 tidak akan terpengaruh tapi berikutnya $ 30.000 ($ 20.001 - $ 50.000) akan dikenakan pajak 140% dari tambahan OMV sementara mobil dengan OMV di atas $ 50.000 akan dikenakan pajak 180% dari tambahan OMV.

Emisi Karbon Berbasis Skema Vehicle (CEVS) - Kendaraan dengan emisi karbon rendah kurang dari atau sama dengan 160g / km berhak mendapatkan rebate sebesar $ 5.000 hingga $ 20.000. Di sisi lain, pemilik mobil akan dikenakan sanksi dengan biaya tambahan sebesar $ 5.000 sampai $ 20.000 jika kendaraan mereka memancarkan karbon lebih dari atau sama dengan 211g/km.

Sewa saya telah diakhiri oleh perusahaan saya (Kami turut menyesalinya) dan perlu untuk mengembalikan mobil lebih awal.

Silahkan melihat pertanyaan terminasi di atas. Namun, jika Anda bisa meyakinkan orang lain untuk mengambil alih sewa, beberapa perusahaan penyewaan dapat memperbolehkan hal tersebut.

Dapatkah saya menyewakan mobil yang saya sewa ke orang lain?

Tidak. Kontrak telah ditandatangani atas nama Anda dan karenanya tidak ada asuransi akan disediakan untuk orang lain. Selain itu, perusahaan penyewaan hanya setuju untuk menyewakan mobil tersebut untuk Anda dan hanya Anda saja. Untuk peminjaman mobil kepada orang lain kemungkinan besar akan dikenakan penalti dari perusahaan penyewaan. Hal ini terutama berlaku untuk mobil sport high-end.

Bagaimanakah budaya/gaya mengemudi di Indonesia?

Gaya mengemudi di Indonesia memakai kemudi kanan. Sebagian besar pengemudi lokal suka menerobos lampu lalu lintas, melangggar marka jalan, kurang toleransi antar pemakai jalan lainnya. Jadi kesabaran sangat diperlukan bagi siapapun yang akan mengemudi di Indonesia.

Saya seorang pemegang Employment Pass (EP)/Permanent Resident (PR)/wisatawan. Dapatkah saya menyewa atau merental mobil?

Ya. Selama Anda secara hukum diperbolehkan untuk mengemudi di Indonesia berdasarkan surat ijin, Anda diperbolehkan untuk menyewa mobil.

Apa saja jenis layanan tambahan yang dapat disediakan oleh perusahaan penyewaan?

Beberapa perusahaan menyediakan sistem GPS gratis di dalam mobil mereka, kursi khusus anak, Wi-Fi hot spot, iPad, dan jasa perawatan untuk mobil. Selain itu, beberapa perusahaan juga dapat menyediakan layanan khusus yang memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran. Misalnya, Rental Mobil ABC akan mengumpulkan pembayaran dari manapun Anda berada di Indonesia, setiap bulan, jika Anda ingin membayar secara tunai.