Yogyakarta, siapa yang sangka kalau di kota yang selalu identik dengan pusat seni budaya Jawa ternyata memiliki tempat pariwisata selancar pasir atau istilah kerennya sandboarding yang konon katanya mirip-mirip dengan yang di Meksiko. Mau tau seperti apa keseruan tempat ini akan team Drive.ID kupas singkat di bawah ini.

Berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta tentunya tidak akan terlalu susah untuk menemukan tempat ini. Terutama lokasinya berada di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok jadi bisa menjadi spot wisata 3 in 1 sekali jalan bila memang kita ingin mengunjungi 3 lokasi wisata ini.

Proses terjadinya gurun pasir ini menurut beberapa informasi di internet dikarenakan abu vulkanik gunung seperti Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh aliran Sungai Opak, Sungai Progo dan beberapa sungai lainnya yang akhirnya berkumpul di pantai Parangtritis lalu karena setiap harinya terkena angin maka perlahan-lahan terkumpul di sepanjang pantai hingga melebar dan semakin tinggi. Proses ini pun diyakini sudah terjadi ribuan tahun silam.

Ketinggian dari gurun pasir ini konon ada yang sampai 20 meter lebih, pastinya akan seru bagi kawan-kawan untuk mencoba bermain sandboarding di tempat ini. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan pengaman siku, lutut dan helm mengingat pada siang hari cuaca sangat terik di tempat ini.

Selain bermain sandboarding terdapat pula permainan lain seperti ATV yang pastinya tidak kalah seru. Warung makanan dan minuman serta toilet umum juga telah tersedia di tempat ini. Bahkan terkadang juga ada jasa persewaan kuda loh.

Harga tiket masuknya terbilang sangat murah yakni Rp 3000. Sedangkan untuk biaya sewa sandboard berkisar Rp 70.000 s/d Rp 200.000 tergantung berapa lama penggunaannya.

Jadi, sudah ada rencana untuk akhir pekan ini? Dijamin lebih murah lho daripada harus ke gurun pasir Meksiko, hahaha...  Oh iya, bagi kawan-kawan yang butuh transportrasi selama di Yogyakarta jangan lupa klik sewa mobil di Yogyakarta dengan sopir di Drive.ID ya, Selamat berlibur!

*Gambar “(42)” disunting dari Flickr oleh leseve. Licensed under CC BY-SA 2.0 via Flickr.